Senin, 01 April 2013

SIFAT BAYANGAN YANG DIHASILKAN CERMIN

Agar mengetahui sifat bayangan yang terjadi pada cermin tanpa harus menghafalkan. berikut tipsnya......
Pada cermin cekung ataupun cembung, memiliki nomor ruang yang tempatnya sama, tapi fungsinya beda. Kalo pada cermin cekung, ruang IV ada di belakang cermin, jadi yang ada di ruang IV itu benda maya.
  
Kebalikannya cermin cembung, kalo cermin cembung ruang IV ada di depan cermin, jadi bendanya yang nyata ada di ruang IV itu.
 
Nomor ruang benda+ nomor ruang bayangan = 5.
Jadi kalau benda ada di ruang I, pasti bayangan ada di ruang IV. I+IV=V Kalau benda ada di ruang II, pasti bayangan ada di ruang III. Karena II+III=V.Begitu juga sebaliknya. Pokoknya kalau nomor ruang benda ditambah nomor ruang bayangan pasti hasilnya 5. Ni sudah gak bisa ditawar lagi kawan, memang begitu pastinya! Walaupun penomoran ruang pada cermin cembung dan cermin cekung beda, yang penting kita tahu ada di mana benda dan bayangan pada cermin cembung dan cermin cekung itu, pasti jadi lebih mudah ngertinya.
Sifat bayangan yang maya selalu bayangan itu pasti tegak. Sedangkan kalobayangan yang nyata pasti selalu terbalik. Jadi, lebih gampang kan?!
Pada cermin cekung, bayangan yang dihasilkan maya, apabila benda ada di ruang I, kalo ada di ruang II, III, n IV bayangannya pasti nyata.
kalau cermin cembung? Ya so pasti cermin cembung tu, bayangannya maya semua!
oke kawan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar